Grace Oey

Aku adalah Penyuka Fenomena Senja... Hangatnya, Biasnya, Cahayanya, dan tentu saja Cintanya... Aku Sendiri adalah Semburat Fajar..

Monday, October 7, 2013

GEREJA ANAK : HAPPY KIDS GROUP, OKTOBER 2013 MINGGU PERTAMA

Yuhuuu….

Setelah sekian lamanya, gue kembali mengupdate aktivitas di blog ini.

Kali ini gue memutuskan untuk share tentang Gereja Anak dimana gue melayani. Namanya adalah Happy Kids Group, dengan anak-anak dan kakak-kakak Pembina yang selalu happy (ecieeeh… ).

Gue bakalan share apa-apa aja kegiatan di Happy Kids Group setiap minggu, tentunya pas gue lagi jadwal di HKG. Soalnya di setiap bulan pasti ada satu hari minggu gue off di HKG. Dan juga, gue mungkin kebanyakan akan share tentang kegiatan di kelas gue aja (tunas remaja), kecuali pas gue lagi tugas jadi kordinator atau wl yang bisa mobile ke kelas-kelas pada saat jam cerita. Kebetulan minggu ini gue gantiin salah satu kakak di kelas batita-balita, jadi minggu ini gue bakal share tentang anak-anak mungil dan imut-imut itu \o/

Sebenernya agak susyeh ya ngambil poto anak-anaknya, soalnya mereka ga pernah diem. Ditambah lagi gue bukan kameramen propesional, dan potonya diambilnya pake hempong pula. Jadi mohon dimaafkan kalo ada gambar yang agak-agak blur gimanaaaa gitu. Dan karena gue tugas cerita, jadi gue ga bisa ambil gambar aktivitas anak-anak ;( mungkin minggu-minggu akan datang.

Okay! Here we goooo…

HAPPY KIDS GROUP, OKTOBER 2013, MINGGU PERTAMA

Seperti biasanya, setiap minggu kami mulai ibadah Gereja Anak tepat pukul 08.00 (setengah jam setelah Ibadah Raya Dewasa dimulai). Tapi biasanya, anak-anak udah mulai ngumpul dari jam setengah delapan karena mereka datang barengan sama orangtuanya. Di waktu senggang selama setengah jam ini biasanya anak-anak akan bermain dan bercengkerama satu dengan yang lain, dan gak ketinggalan nghapalin ayat hapalan. Hehehe.

Anak-anak lagi maen tebak-tebakan wkw
Iko said : Hewan, hewan apa yg dua agama? Hahahaha..
Kalo ini, anak-anak lagi nghapalin ayat hapalan.. saling tolong menolong lah ya antar sesama, sampe bkn kelompok2an gitu xixixi ;p

Nah kalo yang ini lagi fixing nada biar entar kompak
pas puji-pujian #antara WL dan singernye
Ada kejutan menyenangkan kemaren pas di Happy Kids Group. Ada anak yang udah lamaaaaaaa banget ga pernah dateng, eh tiba-tiba kemaren dateng. Udah tinggiiiii banget. Si Kimi Raikonen namanya ;)

Kimi kecil ;)
Kimi udah tinggi (tengah).. percaya ga kalo Ocha yg bawa
motor pas mrk ke gereja? ckckck...



















Jam Delapan kurang lima menit, kordinator Ibadah anak hari ini (Kak Cita), langsung mengatur duduk anak-anak sesuai kelas masing-masing dan menginstruksikan anak-anak untuk minum atau ke toilet karena saat ibadah anak-anak dilarang keluar masuk. Biasanya anak-anak langsung unjuk tangan minta minum atau pipis, dan terjadilah kehebohan sesaat nih.. (gue ga ambil potonya krn lagi di dapur liatin anak-anak pada minum, plus hp gue lowbat banget).

Jam delapan tepat Ibadah dimulai. Kami membiasakan diri untuk on time dalam setiap kegiatan, ga cuma di ibadah anak doang, tapi di semua kegiatan gereja. Mau berapapun orang yang ada, begitu waktunya mulai, maka mulailah acaranya. Lama juga loh membangun kebiasaan ini. Tapi, setelah kami semua terbiasa, ga sesusah yang dibayangkan.

Tugas WL hari ini jadi kehormatannya Abang Nandus (Sid Mohedenya HKG, soalnya dia kalo WL sambil gitaran :p), singernya kakak Pili dan kakak Cita. Seperti minggu-minggu biasanya, kalo lagi PW (Praise and Worship) begini, anak-anak Samuel-Yohanes yang paling lucu... karena mereka masih batita dan balita, yang berusaha untuk nyanyi sambil fokus meniru gerakan kakak2 pembinanya. Susyeh capturenya soalnya blur terussss nih... minggu depan musti dapet gambar yang bagus ah pas PW.

"Selamat Pagiiiii... Keep Smile!"

Lagi dengerin arahannya Abang Nandus....

Tema cerita Gereja Anaknya untuk minggu ini adalah tentang Ratu Esther yang Tuhan pakai untuk jadi penyelamat bangsanya saat hendak dipunahkan oleh orang jahat bernama Haman, saat bangsa mereka pada saat itu tinggal di Kerajaan Persia yang pusatnya di benteng Susan. Gue udah lamaaaa banget ga cerita di Kelas Samuel-Yohanes, jadi agak bingung juga gimana flow dan jalan ceritanya biar mudah mereka pahami.

Akhirnya beginilah flownya :

Pertama setelah pisah kelas, gue ajak anak-anak duduk, dan gue bawa kain Flanel Cici Kelinci (ini gue yang namain sih. Hahaha. Sebenernya flanel ini untuk absensi anak-anak, tapi ga kami fungsikan sebagai absensi. Bergambar kelinci lagi bawa gerobak kosong. Pelengkapnya adalah flanel kecil-kecil berbentuk wortel. Harusnya wortel-wortel ini dipake buat tanda pengenal anak-anak which is dalemnya bisa ditaroh foto anak, dan kalau dia masuk, dia bisa tempel wortelnya di gerobak si kelinci. Flanel ini buatan Precious One, handmade).

Nah si Flanel Cici Kelinci ini dibentangkan di depan anak-anak. Lalu, gue tempelin wortel-wortelnya secara acak di dinding. Nah, anak-anak gue panggilin deh satu per satu. Mereka harus menghafalkan kata kunci minggu yang lalu dengan gerakan, baru boleh menempel wortel di gerobak. Wortel yang ditempel sesuai instruksi gue. Misalkan gue bilang lima, si anak harus tempel lima. Untuk stimulasi kemampuan matematis mereka juga sih.. Dan aktivitas ini lucuuuuuuu banget.

Kebayangkan anak kecil umur dua/tiga taun yang ngomongnya blom jelas, tapi dia hapal kata kunci. Pake gerakan lagi.. Awww! cute banget deh pokoknya.. Tujuan aktivitas ini adalah untuk mendorong anak-anak menghapal. Karena biasanya mereka malu dan enggan untuk maju ke depan. Kalau ada 'hadiah'nya kan mrk pasti antusias utk maju. Hadiahnya ya cuman nempelin wortel di gerobak sih. Tapi cukup fun lah buat mereka. Buktinya semua maju dan hapal. Hahahah. Aktivitas ini berdurasi sekitar 15 menit.

Nah, setelah kegiatan dengan Cici Kelinci dan Wortelnya selesai, barulah gue mulai cerita. Prolognya adalah tentang Ratu Esther tadi yang menjadi Ratu dan menyelamatkan bangsanya dari Haman. Itu sekitar 3-5 menitan. Lalu, gue tanyain cita-cita anak-anak. Ada yang mo jadi pilot, polisi, dokter, ben ten -_- juga power ranger .-. wkwkwkw. Gue jelasin kalo benten dan power ranger itu tokoh boong2an, jadi mrk harus ganti cita-citanya. Gue jelasin juga, cita-cita mereka itu haruslah cita-cita dengan dasar cinta tanah air juga, seperti ratu Esther. Jadi dokter yg berguna bagi Indonesia, Polisi yang taat hukum juga untuk kemajuan Indonesia. Dikit-dikit gue tanemin biar mereka ga berpikir untuk pindah keluar negeri pas ude besar tapi membangun Indonesia v(^^)v. Gue ceritain ini pake peraga flanel juga yang boneka-bonekanya berbentuk profesi-profesi. Ada dokter, polisi, pemadam kebakaran, chef, etc. Sekitar 5 menitan juga durasinya.

Ada bagian yang mengharukan di sini. Ada satu kain flanel berbentuk Bapak-bapak pekerja kantoran. Gue bilang, jadi Bapak itu juga cita-cita yang bagus. Bapak bekerja di kantor untuk mencari nafkah untuk anak-anaknya. Lalu ada satu anak, sebut aja namanya Rangga (AADC kaleee...), yang kami tahu Bapaknya tidak tinggal sama dia sejak bayi dan kamipun belum pernah ketemu, tiba-tiba dengan defensif berseru, "Aku punya Bapak!"

Gue langsung senyum dan bilang, "Tentu saja kamu punya."

Lalu ada satu anak lagi nyeletuk, "Aku juga punya Bapak, tapi Bapak aku jahat!" Nah lohhhh...

Si anak yang pertama tadi, Rangga, langsung menyahuti anak kedua dengan bilang, "Kalo Bapak aku baik. Kamu baik-baikin aja Bapak kamu."

Lalu si anak kedua bilang, "Bapak aku jahat. Kalo aku nakal, aku dipukul."

Then gue bilang, itu bukanlah jahat. Tapi kitalah yang harusnya tidak nakal dan jadi anak yang taat, jadi tidak akan dihukum.

Ternyata anak-anak sekecil ini udah bisa membentuk persepsi dan menciptakan image yang mereka 'pilih' untuk mereka yakini. Sedih dengernya, dan jadi beban di hati untuk didoakan. Juga jadi pelajaran untuk kita-kita orang dewasa agar berhati-hati bicara dan bersikap di hadapan anak kecil. Karena apa yang kita ucapin dan kita lakuin itu bisa jadi tolak ukur untuk mereka menilai diri mereka sendiri, menilai kita, menilai kondisi dan keadaan, lalu membentuk persepsi yang salah. Bisa bahaya banget. Apalagi kita-kita yang berkecimpung di dunia anak-anak. Yuk, yuk, kita mulai introspeksi perkataan dan tingkah laku kita saat berhadapan dengan anak kecil.

Setelah cerita singkat (15 menit), anak-anak gue ajak berdoa, lalu abis itu main game. Gamenya adalah game Pizza, KFC dan McD. Gak nyambung sih sama ceritanya, tapi emang gue gak mempersiapkan game yang nyambung sama cerita untuk hari ini. Hahaha.

Game ini menstimulasi anak-anak untuk fokus dan taat. Karena mereka masih cilik2, jadi gerakannya gak gue acak-acak. Cukup ajak mereka bergerak mengikuti gerakan kita, sekitar 5 menitan. Lalu abis itu kita makan Yupi bersama. Yupinya yang bentuknya Burger sama Pizza, biar nyambung sama gamenya. wkwkwkw. Aktivitas ini (games + bagi2 permen + makan permennya) berdurasi 15 menitan juga. Jadi total durasi cerita gue di kelas Samuel Yohanes adalah 45 menit.

Oh iya, Hari ini ada dua orang yang berulang tahun. Veline dan Princess... Happy Birthday ya Veline dan Princess.... emuahemuah dari kakak grace.

Ini poto pas mereka lagi main di ruang kelas. Ada topeng2an bekas properti game, dipakein deh sm anak-anak buat mainan, sambil nunggu mama-papa mereka selesai Ibadah. Karena Perjamuan Kudus jadi Ibadah Rayanya agak lama. Puas deh anak-anak main.

Galeri poto anak-anak ;)







Ayo tebak itu dua anak kecil di atas siapaaaa... hahahahaha...


they're sooooo cute and adorable!

Sampai Jumpa minggu depan lagi yaaa :)

No comments:

Post a Comment