Grace Oey

Aku adalah Penyuka Fenomena Senja... Hangatnya, Biasnya, Cahayanya, dan tentu saja Cintanya... Aku Sendiri adalah Semburat Fajar..

Saturday, October 20, 2012

Salah Siapakahhh???

Baca Postingan blog Ci Shinta yang paling greget soal diskriminasi (entah kata ini kata yang tepat atau bukan) pendidikan di daerah-daerah yang standarnya jauh dibawah Ibukota, gue jadi pen curhat juga. Gue soalnya termasuk salah satu "korban" dari kepincangan tersebut. Tapi justru disini yang mau gue soroti adalah bukan pada Sistem Pendidikan Pusat yang ga merata ke daerah-daerah, tapi sistem di daerahnya sendiri.

Well, selama melanglangbuana di dunia 'persekolahan' (hahaha...), gue sempet beberapa kali pindah sekolah. Jakarta (pinggiran), Kecamatan M (Daerah Selatan Kabupaten Minahasa, di Sulawesi Utara sana), terakhir di kota T (Daerah bagian Utara Kalimantan Timur). Dan terdapatlah tiga perbedaan yang sangat mencolok dari tiga sekolah gue tersebut.

Gue masuk sekolah di usia 5 tahun. Waktu pertama kali mau masuk sekolah, nggak ada sekolah yang mau nerima gue, karena gue nggak TK dulu, dan umur gue masih terlalu kecil. Dari yang negeri sampe yang swasta, jawabannya sama. Gue inget banget dulu berdua Bokap, gue jalan dari Sekolah satu ke Sekolah yang lain, daftar dan ditolak. Sampe akhirnya gue diterima di sebuah SD Negeri yang ampun2an bangunannya bobrok banget udah mau rubuh. Namanya SDN Jatimurni II. Itupun bergabung sama dua SD yang lain. Kalo gak salah SDN Jatimurni I sama SDN Pondok Ranggon. Udah rada lupa juga sih. Letaknya di pinggiran Jakarta. Udah masuk ke Bekasi sebenernya. Nah, gue diterima disitu dengan catatan, dititipin. Kalo gue bisa ngikutin pelajaran, gue boleh naik kelas. Tapi kalo nggak bisa, Bokap gue bilang gapapa gue tinggal kelas, karena pada saat itu gue emang masih belom cukup umur buat masuk SD.

Jadilah gue masuk SD. Itu sekolah adanya di pinggir sawah. Gue sampe dibeliin sepatu bot supaya kalo pas hari ujan gue tetep bisa masuk sekolah tanpa takut mesti kepeleset di pematang sawah (pernah kejadian bowww. gue nyemplung sawah gara2 sepatu gue licin dan bambu yang gue pijak juga licin. Karena biasanya kalo ujan itu anak-anak melapisi sepatu mereka dengan plastik biar ga kotor. hahaha. termasuk gue). Tapiiiiiii, walaupun kondisinya kayak gitu, Sekolah gue itu punya sistem pendidikan yang cukup bagus (gue menelaah kembali setelah dewasa. whwhwhwhw). Buktinya, gue sekolah disitu cuma satu tahun, karena kelas dua SD gue pindah ke M, tapi segala pengetahuan dasar gue mantabbbbb banget. Naik kelas dua gue udah lancar banget baca, bisa nulis huruf sambung, tulisan balok gue pun rapih dan kemampuan matematik gue bagus banget untuk dasar penambahan dan pengurangan (secara ga TK gue). Itu sekolah pinggiran loh. Tapi guru-guru di sekolah kecil yang bangunannya bobrok banget itu sangat-sangat kompeten. Gue masih inget banget nama-nama Guru gue disana. Bahkan Kepala Sekolahnya juga. Mereka semua keren.

Dan, hijrahlah gue ke kecamatan M, sebuah kecamatan di Selatan Minahasa, di kampung kecil dan dingiiiin yang namanya K. Gue masuk ke salah satu SD Negeri di sana. Daaaan, mulailah terasa kepincangan-kepincangan yang nggak masuk akal. Di sekolah itu awalnya sama sekali tidak ada pelajaran Bahasa Inggris Dasar (baru ada pas gue kelas lima atau enam SD). Guru-gurunya.... speechless deh. hahaha. gue sampe kehabisan kata-kata. Entah karena rumah mereka yang berdekatan sama sekolah, atau memang budaya ya, ga tau juga. Murid-murid dimanfaatkan buat melakukan pekerjaan rumah mereka. Tau gaaa??? Gue belajar bersihin sisik ikan gara-gara guru kelas gue nyuruh gue dan teman-teman bersihin ikan yang mo dese masak. Gue belajar masak nasi karena nanak nasi di dapurnyahhhh, dan yang paling parah, gue pun disuruh nganter ransum buat pekerja-pekerja di ladangnya (ahieek....). Dan di sekolah itu kadang-kadang yang rangking 1 bisa ada dua orang (entah karena ngga tega atau kurang objektif atau apa). Daaannn saudara-saudara, u know what?? kadang kalo ujian kan pertukaran pengawas sama sekolah tetangga. Well, boleh loh nyontek. Bahkan ibu guru pengawas membacakan jawaban ujian dari salah satu buku yang kami bawa. Katanya biar semua naik kelas... What theeeeeeeee .... ???????? Gue heran seheran-herannya. Entah siapa yang salah dalam hal ini. Kenapa guru-guru teladan ini bisa seenaknya sendiri begini. Apa salah sistem? Atau karena Dinas Pendidikan ga memperhatikan, atau memang seharusnya oknum2 Guru itu nggak usah jadi guru ajah? Entahlah. Pada intinya, di daerah itu sangat jarang ada anak yang berhasil mencapai cita-cita. Mending punya cita-cita. Rata-rata putus sekolah dan menikah muda. Kalauuu ada satuuu aja yang sukses, itu karena anak tersebut yang kemauan belajarnya tinggi, tapi perbandingannya 1 banding seratus. Di sekolah itu, cuma ada satu guru yang gue kenang sampe sekarang. Beliau seorang yang bener2 bener diantara guru-guru yang lain. Tapi, beliau disebelin sama semua guru yang lain. hahaha. klise dan sering terjadi bukan.

Sungguh deh malang banget anak-anak daerah itu. Pertama, pihak pengawas dari dinas pendidikan supervisi sekolah palingan setahun dua kali (waktu gue kelas dua, guru gue sampe bela-belain suruh orang jemput gue di rumah karena ada supervisi dari pengawas daerah, tau kenapa? di kelas dua baru gue yang bisa baca dan nulis lancar. sisanya belom. padahalll, gue lagi ga masuk karena sakit. cpd.....). Pas supervisi itu pun entah apa yang di nilai, setelahnya ga ada yang berubah soalnya. Yang kedua, ngga ada kesadaran penuh dari para guru, bahwa mereka itu pahlawan tanpa tanda jasa yang punya tugas penting dan mulia untuk mengarahkan para muridnya biar jadi 'orang'. Yang ketiga, sistem pendidikan nya sama sekali ngga bersistem. Ngga ada jadwal pelajaran, jadi tiap hari gue bawa semua buku. Terserah gurunya mau belajar apa hari itu tergantung moodnya. kalo nggak salah baru pas kelas enam gue punya jadwal pelajaran. Itulah kehidupan SD gue. Yang bikin gue degradasi karena ga ada penunjang untuk gue mengembangkan diri. Menurut kesaksian Bokap gue, waktu gue kelas satu SD gue pinter, berani dan kreatif. Tapi setelah pindah ke daerah, gue jadi anak kampungan. Ga berani ketemu orang, dan sama skali ngga kreatif. sigh. malangnya.. hahaha.

SMP pun nggak jauh berbeda keadaaannya sama SD. Ngga usah diceritainlah. Dengan minimnya kit penunjang, gue ngga pernah praktikum. Sekali-sekali doang hanya untuk pelajaran fisika. Nggak punya lab bahasa, even seragam olahraga aja gue nggak punya. Padahal sekolahnya cukup bagus dan besar, dan sebenarnya memungkinkan sekali untuk ditambahi berbagai fasilitas. Bukan di pedalaman banget kok. Trus guru olahraga gue, akan memukul bokong anak murid wanitanya yang pake celana olahraga dibawah lutut zzzzzzzz. Mo olahraga atao nonton paha, ngga paham juga. Pelajaran Bahasa Inggris pun juga ngga memadai. Lagi-lagi, entah apa yang salah. Gue pun ga perlu belajar keras untuk bisa dapat nilai 9. Cukup SKS sebelum ujian. Dan kedudukan gue sebagai si rangking satu ga pernah berpindah tangan sejak SD sampe SMP.

Parahnyaaaaaa, Ga ada Toko Buku T.T apalagi Gramedia. Perpustakaan berdebu karena ga ada yang mengunjungi. Cuma gue dan segelintir orang yang masuk ke perpus untuk baca buku.

Kesimpulannya, segala hal disana terasa salah. Baik Dinas Pendidikan Daerahnya yang tidak pedulian untuk membenahi sistem belajar. Guru-gurunya yang tidak punya kesadaran. Dan murid-muridnya yang lebih memilih cari uang lewat bekerja di lahan dan ladang mereka (menghasilkan banget loh. mereka punya uang banyak). Dan gue, lulus SMP hijrah lagi ke kota T. Apa yang terjadi???? Bulan-bulan pertama gue sakit gegara stres ga bisa ngikutin pelajaran. Padahal kota T bukan Jakarta. Masih termasuk Daerah yang jauuuh dari Ibukota. Tapi punya Sistem Pendidikan sangat Bagus.

Kota T. Sebenarnya Pulau. Kecil dan Padat. Dekat Malaysia, sehingga snack2 dan makanan ringan disana semua produksi negara tetangga kita itu. Kota Transit para TKI yang dideportasi dari Malaysia. Pada akhirnya menetap dan kerja di sana. Punya sekolah negeri unggulan, SMA Negeri 1. Gue sekolah disitu.

Semester awal, susah banget buat gue ngikutin pelajaran. Sampe sakit. Asli. Ketakutan Bokap gue terbukti. Sebenarnya gue harusnya pindah kesana kelas tiga SMP. Tapi Bokap gue bilang, jangan. Beliau takut gue ga lulus karena jomplangnya pendidikan di tempat tinggal gue yang lama dan di kota ini. Alhasil, gue ditinggal setahun sampe lulus SMP trus pindah pas SMA. Dannnn apa yang Bokap gue takutin terbukti. Hahaha. Tapi gue bener2 belajar keras pas jaman SMA itu. Sampe akhirnya gue bisa ngejar ketinggalan gue.

Sekolah gue itu menakutkan. Cara Guru Matematika gue ngajar ya pas kelas satu. Beliau bawa empat amplop, kelas dibagi empat kelompok. Amplop2 itu yang ternyata dalamnya isinya soal, adalah bahan diskusi kami secara kelompok. Setelah dikasih waktu untuk diskusi, baru soal-soalnya dibahas. Kalo udah bener semua, Guru gue gak bahas lagi. Tapi kalo ada yang salah, baru guru gue bahas. Gimana gue ga stresss. hahaha. Temen2 gue yang lain dengan mudahnya ngikutin. Gue gak. Nilai post test dan UH gue selalu kursi terbalik. wkwkwkwkw. Tapi semester 2 untungnya gue mulai bisa ngikutin. Tapi ya dengan empot2an.

Pelajaran Komputer. Sungguh gue norak abis. Hahaha. SMP gue ga pernah belajar komputer. Jadi pas SMA gue mulai pake komputer, yah gaptek mode on. Untung temen gue pada bae ngajarin. Sampe akhirnya bisa.

Gue bangga banget jadi alumni sekolah itu. Lulusannya rata-rata berkualitas. Dan gak main-main. Kepseknya aja sekarang tinggal di Belanda, kalo ga salah sekolah lagi. Guru-guru lain pun ga main-main, ada yang beasiswa ke luar negeri segala. Walaupun di daerah, tapi Kepala Sekolah dan guru-gurunya haus ilmu. Mereka cari berbagai macam cara supaya sekolahnya maju dan jadi percontohan. Ilmu mereka dapet, dibagiin deh ke kita-kita anak muridnya, Sungguh Keren dan sangat berbanding terbalik dengan SD dan SMP gue.

Nah, salahnya dimana? Ternyata peran Guru dan Dinas Pendidikan Daerah pun penting. Kalo Pusat ga bertindak, mereka yang kreatif dan ga terima dengan keadaan ya manufer dan bikin program sendiri. Tapi ada juga yang ongkang2 kaki aja yang penting digaji dan sedikit bisa memanfaatkan anak muridnya. Sama-sama di daerah, sama-sama minim fasilitas, tapi yang satu pasif, yang satu aktif. Hasilnya, yang satu lulusannya berkualitas, yang satu lulusannya ya gitu deh.. hehehe.

Intinya, Indonesia ini perlu dibenahi sistem pendidikannya. Terutama Daerah. Yang gak kompeten di cut2 ajah (kejam. hahahaha...). Mereka mungkin ga korupsi uang. Tapi mereka ngga bertanggung jawab atas masa depan anak didiknya. Mungkin gaji mereka kecil, atau knapa. Sampe akhirnya mereka cuma sekedar kerja aja tanpa hati. Gue aja nyesel pindah ke M. Tapi akhirnya nasib pendidikan gue berubah di Kota T.

Demikianlah. Miris ya.


2 comments:

  1. SETUJU!!! Dari kemaren juga mikirin, si mentri daripada ngecut mata pelajaran, atuh lebh penting turun ke daerah ngecheck sistem di daerah2 seperti apa. Gw juga kan kelas 1 & 2 SD di Jakarta, trus pas balik ke daerah, langsung LOMPAT KELAS! ke kelas 4! haha gle gak tuh. Yg lebih hebat lagi .. gw bisa ranking 1!!! dan ulangan umum matematika gw dapet 10! Timpang banget kan tuh. Gw kelas 2 SD udah bisa kali2an, pas loncat kelas 4, temen2 ada yg tambah kurang aja belon bisa. -.-'

    Harusnya yg dipantau itu bukan hanya sekolah2 biasa, tapi sekolah pendidikan guru itu kudu betul2 dipantau dan dipertajam supaya calon2 guru betul2 dapat gak hanya skills utk mengajar tapi juga moral dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Ci... ya ampuuun. miris deh aku inget2 jaman SD dan SMP duluuu. Guru2nya itu loh, tdk bisa diungkapkan dengan kata2. Semoga aja sekarang Dinas Pendidikan mulai mengetatkan standar untuk calon Guru.

      Delete